Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tambak Udang Cihara Santuni Yatim dan Jompo


Radartani News |Banten - Baru sekali masa panen udang Vanname, tambak udang Frans di desa Pondok Panjang, Cihara, kabupaten Lebak ikut menyemarakkan peringatan hari raya Idul Adha 1442 Hijriah dengan menyantuni anak yatim dan jompo di sekitar lokasi tambak. 

"Alhamdulillah, kami sudah merasakan manfaat keberadaan tambak udang Vanname di desa kami saat lebaran haji kemarin. Ada santunan yang sudah kami terima dan salurkan ke beberapa anak yatim dan jompo. Kami berdoa agar operasional tambak berjalan lancar dan berhasil," ujar Ade, ketua RT 2 RW 4 Kampung Karanghideung Desa Pondokpanjang kepada wartawan, Sabtu 24 Juli 2021.

Abah Surta salah satu jompo penerima santunan juga mengaku berterimakasih kepada pak Frans. "Ya terimakasih sudah diberi santunan dan mendapat perhatian lewat pak RT. Semoga tambaknya berjalan sukses dan lancar," ujar kakek berusia 70 tahun ini. 

Tambak udang Frans memang baru beroperasi 5 bulan terakhir dan baru sekali masa panen. Dengan momentum lebaran haji, ada kepedulian kepada lingkungan sekitar dari tambak Frans. 

Pengelola tambak Frans, Siswandi berharap agar tambak udang berjalan lancar dan berhasil. "Kepedulian kepada lingkungan sosial sekitar tambak penting agar kami yang berusaha di merasa aman dan nyaman bekerja. Tentunya dengan terus berkoordinasi bersama ketua RT dan RW, desa dan para warga lainnya," ujar Siswandi. 



Saat ini tambak Frans memiliki 8 kolam produksi dengan 2 tambak tandon dan 1 kolam instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Ipal dibuat agar air yang sudah dipakai tambak udang aman bagi lingkungan laut sekitar. 

Sejak beroperasi pada Februari 2021 lalu, tambak baru satu kali siklus panen. Pengelolaan tambak udang yang butuh perlakuan khusus membuat lokasi tambak tak sembarang dikunjungi orang luar agar kesehatan udang terjaga.(keating)

Posting Komentar untuk "Tambak Udang Cihara Santuni Yatim dan Jompo"