Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lurah Biringere Motivasi Warganya Untuk Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar Dengan Memanfaatkan Lahan Kosong

*Lurah Biringere

Radar Tani News, Sinjai, Sulsel. Menjawab harapan Bupati Kabupaten Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), Agar Budidaya ikan air tawar wajib dikembangkan di Kabupaten Sinjai.

Maka dari itu, Kelurahan Biringere, Kec. Sinjai Utara, Kab. Sinjai, Mulai memotivasi warganya untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya yang kosong, Supaya membangun kolam ikan skala rumah tangga.

Lurah Biringere, Andi Mundzil Dajalil Asapa, Langsung bergerak mengajak warganya untuk membudidayakan ikan air tawar.

Hal itu ditandai dengan penebaran perdana 1.000 ekor bibit ikan lele Sangkuriang dilokasi sanggar tani Biringere tersebut, Di Lingkungan Batu Pake, Kemarin sore, Selasa, (07/09/2021)

Bibit ikan lele Sangkuriang diterima langsung oleh ketua kelompok tani Siturunie Kelurahan Birengere, Basri.

Dalam keterangannya, Lurah Biringere, Andi Mundzil mengatakan bahwa, Budidaya ikan air tawar akan dikembangkan dilahan lahan pekarangan rumah warga, Atau lahan tidur milik warga.

"Kebetulan kami melobby seorang pengusaha ikan air tawar di Sinjai untuk menyumbangkan bibit ikan lele sebanyak 5.000 ekor untuk warga kelurahan Biringere, Sayangnya pengusaha tersebut tak mau namanya dipublikasikan" Ujarnya.

"Masa pandemi ini, Masyarakat harus terpenuhi gizinya, Maka pilihan mengembangkan budidaya ikan air tawar sangatlah strategis dalam menekan angka stanting, Dan diharapkan mampu tingkatkan pendapatan tambahan bagi masyarakat, Dan disini Saya hanya memotivasi", Lanjut Andi Mundzil, Saat ditemui dilokasi penebaran bibit tersebut.

Pihaknya akan segera melakukan pemetaan potensi wilayah dikelurahan Biringere, sehingga tidak terjadi tumpang tindih program.

"Kami akan pastikan wilayah mana yang cocok untuk budidaya ikan air tawar dan wilayah mana yang cocok untuk komoditi lainnya, Seperti persawahan, Perkebunan, Peternakan dan sebagainya", Ucap lurah yang akrab di sapa echil ini.

Sementara itu, Ketua kelompok Tani Siturunie, Basri yang didampingi sejumlah anggotanya menyambut baik upaya pemerintah Kelurahan Biringere yang telah memberikan bantuan bibit ikan lele kepada kelompoknya.

Hal tersebut menurut Basri yang juga Ketua Gapoktan Biringere, Sangatlah memotivasi masyarakat Kelurahan Biringere untuk tetap semangat dalam berkarya dan produktif ditengah merebaknya pandemi.

"Kami siap bersinergi dengan pemerintah kelurahan dalam membangun kemandirian ekonomi, Apalagi Pak lurah selalu memberikan kami semangat dalam menggeliatkan setiap potensi ekonomi" Ucapnya. (PANJY ARDIAN)

Posting Komentar untuk "Lurah Biringere Motivasi Warganya Untuk Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar Dengan Memanfaatkan Lahan Kosong"