Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pagelaran Wayang Orang "Pandawa Boyong"

Sidoarjo, Puspenerbal (15/01) | TNI AL, Wadan Puspenerbal Laksma TNI Bayu Alisyahbana, bersama pejabat utama Puspenerbal dan Komandan Lanud TNI AU Muljono, nonton bareng pagelaran wayang orang, dengan lakon "Pandawa Boyong" di Wisma Perwira Lanudal Juanda Puspenerbal, Minggu (15/01/2023). Kegiatan tersebut, mendukung dan melestarikan budaya Indonesia sekaligus dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 15 Januari.


Pagelaran wayang orang pertama di Angkatan Laut yang diinisiasi oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, berkolaborasi bersama lintas generasi, para tokoh dan berbagai unsur seperti Laskar Indonesia Pusaka, Paguyuban Wayang Orang Barata serta prajurit TNI Angkatan Laut. 


Pandawa boyong bercerita tentang kagagalan Prabu Kresna menjadi duta pamungkas para Pandawa untuk mengambil kembali Kerajaan Astinapura dari para Kurawa. 


Para Kurawa licik, menyobek surat perjanjian sehingga terjadilah Perang Baratayidha, para Kurawa gugur sehingga Kerajaan Indraprasta dan Kerajaan Astinapura menjadi milik Pandawa kembali. 


Dinamika lakon Pandawa Boyong menjadi lambang kehidupan dengan banyak pesan moral karena melambangkan hidup dan kehidupan manusia dari berbagai sisi.

Posting Komentar untuk "Pagelaran Wayang Orang "Pandawa Boyong""